Langkah korek mesin harian yang benar






Mesin korek harian memang lebih disukai para rider yang suka kecepatan
tapi motor masih bisa diajak jalan setiap hari,bukan hanya buat balapan.
Apakah kamu tahu langkah-langkah membuat korek mesin harian yang benar?
Banyak orang-orang yang salah kaprah tentang membuat motor mereka lebih
cepat seperti contoh : Motor standart dan masih bawaan parbrik ingin
mebuat motornya lebih cepat dengan cara mengganti knalpot racing ,
bobokan , free flow dll yang berbau racing tapi apakah dibearkan?



Jika menurut saya itu salah besar karena dilihat dari spek motornya pun
masih standart lubang buang atau lubang exhaust belum dibesarkan(porting
belum dibesarkan). Seperti orang makan nya banyak maka tenaga yang
dihasilkan lebih besar dan lebih lama dibanding orang yang makanya
sedikit pasti tenaga yang dikeluarkan juga sedikit dan lebih cepat
lelah. Sama halnya dengan penggantian knalpot racing jika pembakaran
sedikit tapi diharuskan membuang tenaga yang besar maka motor pun akan
loyo.



Seperti contoh lainya penggantian karbu gendut atau karbu PE 28 padahal
mesin masih standart dan durasi noken masih standart pula maka kerja
mesin pun tak akan maksmal. Jadi langkah korek mesin harian yang benar
adalah:

bentuk kepala silinder1.Cylinder Head

Semua para tuneer pasti sudah mengetahuinya , jika membuat motor racikan
maka yang pertama dipegang adalah kepala silinder bisanya diubah ruang
bakarnya. Dan juga bentuk kepala piston disesuaikan dengan kepala
silinder.

bagan noken as2.Camshaft

Noken as yang berperan penting menjadi paru-paru sepeda motor karena
part ini yang sering menentukan kinerja dan performance mesin nantinya.
Biasanya untuk langkah membuat noken racikan pertama harus digaris
berapa mm biasanya untuk harian 2mm sudah ekstrem. Kemudian di papas
menggunakan mesin papas noken agar noken tidak ngeclek flang harus rapi.

bentuk porting polish3.Porting Polish

Lubang jalur masuk dan keluar pembakaran harus benar" bagus karena untuk
efisiensi volumetrik agar aliran nya tak ada hambatan yang teralu
besar. Porting polis harus benar karena jika salah arah membuat porting
motor malah loyo seperi porting lubang exhaust jika kelwat besar dari
diameter klep motor pun akan lemes.

karbu pe284.Karburator

Setelah 3 langkah diatas maka karburator wajib untuk di korek jika tidak
ganti yang lebih ekstrem seperti karbu pe 28 atau yang lainya. Atau
bisa juga karbu standart direamer menjadi venturi yang lebih besar. Macam karbu reamer  bisa kalian baca juga.

knalpot racing5.Knalpot.

nah knalpot adalah akhir dari korek mesin harian setelah 4 langkah
diatas selesai maka knalpot menyesuaikan karakter korekan mesin agar
kompak dan mesin pun lebih awet.

Sumber : joejoetech.blogspot.com

Posting Komentar untuk "Langkah korek mesin harian yang benar"