Modif Honda Astrea Grand (Tangerang)



Honda Astrea Grand, Bebek Dua Silinder 218 cc!




Pertemuan
dengan Honda Grand ini cukup unik. Jam 12 malam di Jl. Ciledug,
Tangerang tiba-tiba terdengar suara seram raungan motor sport. Sepintas
minimal 400 cc ke atas. Begitu berlalu, ternyata motor cebol yang
aslinya 100 cc.

Penasaran, langsung dikejar dan untungnya doi
masuk SPBU. Wow.. ternyata mesin bebeknya berkepala dua alias mengusung
duo head. Dari obrolan kecil dengan Haryanto yang punya motor, janji
ketemu di O’N25 Oji Motor yang specialis bikin motor jadi 2 siinder.

Mesin
yang dianut segaris. Tidak mengikuti tren yang sudah banyak diadopsi,
yaitu konfigurasi V atau V-twin engine. Biar jelas, scrutineering pun
dilakukan. Guna membuktikan memang dua silinder dan berfungsi maksimal.





Di kepala silinder tidak mengalami penggabungan. Head
dibikin terpisah satu sama lain. Sehingga keduanya memiliki rante keteng
dan kem sendiri-sendiri.





Kedua piston digerakkan 2 kruk as Grand yang digabung.
Sistem penyatuan kruk as sederhana. Bandul kruk as kanan dilubangi.
Sementara kruk as kiri dari as yang menuju kopling dimasukkan ke lubang
itu. Kemudian dipres dan di las titik. Tentu sebelumnya as itu dipotong
dulu.

Laher kruk as dipasang 4 biji. Dua di kanan-kiri dan 2 di
tengah. Di tengah kruk as juga dipasangi gir timing untuk rantai keteng
silinder kanan.

Kemudian dibuatkan crankcase baru. “Crankcase
terbuat dari almu batangan yang dibentuk ulang dengan cara dicetak lalu
dibubut,” jelas Rizky Fauzi, sang mekanik yang punya ide hebat ini.
Mesin jadi molor sekitar 9-10 cm kesebelah kiri.

Crankcase baru
ini sudah dilengkapi dudukan bearing kruk as tengah. Juga dibentuk
menggunakan las babet dan argon. Kemudian finishing menggunakan mesin
milling agar bisa dipasangi dua si-linder milik Grand.

Silinder
blok diisi seher Kawasaki Kaze standar. Diameternya 53 mm. Dipadukan
dengan stroke standar Grand 49,5 mm. Satu silindernya jadi 109,2 cc.
Karena 2 silinder jadinya 109,2 x 2 = 218,4 cc.

Pengapian Grand
ini hanya menggunakan 1 pulser dan 1 CDI kepunyaan Shogun. Kabel dari
CDI dibikin cabang 2, untuk 2 koil Jupiter. Dan diteruskan ke busi yang
juga jadi 2.





Atur Suara
Kalau 2
silinder bekerja berbarengan dengan proses kerja yang sama, suara mesin
biasa saja. Seperti 2 motor 1 silinder hidup bareng.

Agar suara
seram seperti moge, proses kerja silinder kiri dan kanan dibikin beda.
Piston di kanan sedang kompresi, sementara piston di kiri sedang proses
langkah buang.

“Meski seher naik-turun bareng, suara yang
dihasilkan mesin jadi bergantian karena ledakan pembakaran antara
silinder 1 dan 2 berbeda,” terang Fauzy dari Jl. KH Hasyim Ashari,
Gondrong Kenanga No. 16, RT 004/01, Cipondoh, Tangerang. (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Knalpot: Performance
Karburator: Karisma
Intake manifold: Karisma
Telepon : (021) 4520564

Posting Komentar untuk "Modif Honda Astrea Grand (Tangerang)"