Shogun FL Head Satria F-150








Wow
seram, juga melihat Suzuki Shogun FL125 milik Lie Siau Long ini. Head
dan blok sudah mengusung milik Satria F-150. Meski extreme, namun
rancangan bro yang beken disapa Andi ini bermain knock down.


Untuk memasang blok dan head Satria FU di Shogun, cukup menggunakan
adaptor setebal 50 mm (5 cm). Sehingga tidak mengubah atau merusak
lubang crankcase standar. Untuk mengikat adaptor di crankcase Shogun FL,
cukup memanfaatkan bekas lubang baut standar.


Kemudian untuk mengikat blok dan head FU
di adaptor, dibuatkan lubang baut di adaptornya. “Sehingga bisa dibuat
standar lagi. Kalau sudah bosan tinggal dilepas,” jelas Andi yang punya
bengkel Ansori Bubut di Jl. Marelan Pasar 2, Medan itu.


Untuk turun di kelas FFA, di Medan dibebaskan  sampai 350 cc buat
motor jenis apa saja. Untuk itu, Andi menggunakan seher standar milik
Scorpio yang punya diameter 70 mm.


Enaknya, pasang seher Scorpio di crankcase Shogun FL cukup gampang.
“Karena lubang standar bisa masuk seher Scorpio 70 mm,” argument Andi.
Sehingga tidak perlu banyak modifikasi.


Untuk
dongkrak volume silinder juga dibarengi dengan naik stroke. Ditempuh
dengan cara menggeser posisi big end. Kini panjang langkah seher jadi
81,2 mm. Jadinya kapasitas silinder bengkak 312,3 cc.


Untuk setang sehernya menggunakan yang lebih panjang. Ukurannya 126
mm, supaya seher tidak mentok bandul kruk as ketika di posisi TMB (Titik
Mati Bawah).


Buat suplai gas bakar besar, klep isap pakai 25 mm dan buang 22 mm.
Selain porting ulang, juga diberangi  pemasangan karburator Keihin FCR
33 copotan Honda CRF150. Pilot-jet menggunakan 60 dan main-jet 200.


Pengapian mengaplikasi magnet KTM supaya putaran mesin jadi ringan.
Dibikin total loss dengan CDI BRT I-Max khusus untuk Shogun 125


Extrem lagi, transmisi dibikin 5 speed. Cangkok dari Suzuki Satria
120 yang 2-tak dan sudah kopling. Pemasangannya cukup banyak yang
diubah. Rasionya hanya gigi satu diganti, dibikin 13/30 lainnya standar
Satria 2-tak itu.


Rumah kopling juga dari Satria 2-tak dengan 5 per. Sedangkan gigi primer dan sekunder tetap asli Shogun FL.


Bikin kaget sprocket depan-belakang 16/33, berat banget. Motor yang
dijoki Rahmat Kate ini aplikasi knalpot TRD dari Roda Jaya Motor.


Modif lengkapnya, tunggu ya di MOTOR Plus edisi cetak.





Sumber : aongmotorplus.com





Posting Komentar untuk "Shogun FL Head Satria F-150"